Creator PUBG Tidak Suka Unsur Gamenya Ditiru Seenaknya

“Lihat saja film, setelah Armageddon  rilis, datanglah 20 film tentang komet lain yang hadir” Kata Brendan Greene sang pencipta game PUBG itu

Greene menyatakan jika banyak unsur-unsur gamenya,  Player Unknown’s Battlegrounds (PubG) telah di rusak begitu saja dengan nama game berbeda, oleh karena itu Greene ingin pengamanan hak cipta yang lebih baik untuk para “peniru” yang kelewatan.

“Saya ingin para creator game mempunyai stylenya sendiri, tidak hanya mengangkat unsur-unsur dari PUBG” Ucap pencipta PUBG itu. 

Lebih dari 24 juta orang di seluruh dunia telah membeli PUBG untuk PC tahun ini. PUBG pun telah menjadi game yang terpopuler di platform steam. Brendan pun saat ini sedang mengembangkan genre baru untuk PUBG agar tidak membuat para playernya bosan.

Sejak dirilisnya PUBG, banyak judul lain yang menarik unsur-unsur dari PUBG, bahkan beberapa diantaranya ada yang memiliki gameplay dan grafik yang sama sehingga tidak bisa dibedakan dari game PUBG yang asli. Mereka pun memiliki lisensi resmi, ada pula versi terminator untuk mencoba sedikit berbeda dari PUBG.

Breendan Greene | BBC UK

Brendan juga menjelaskan “Tidak ada perlindungan kekayaan intelektual soal game, di film dan musik sudah ada, sehingga kita benar-benar dapat menjaga apa yang telah dikerjakan. Tapi game belum memiliki perlindungan itu dan hal ini perlu diperhatikan.”

“Ada beberapa game bagus yang dirilis, lalu dengan enaknya orang lain mengambil ide itu, memiliki anggaran pemasaran, lalu memiliki game yang populer dari hasil merusak gagasan orang lain. Saya pikir hal ini perlu dilihat dalam perinsdustrian” Lanjut Brendan.

Brendan menyatakan jika kita diharuskan menjaga sebuah karya seni dan game pun sudah termasuk karya seni bagi kebanyakan orang maka dari itu game juga perlu untuk dilindungi.

 

 

 

Comments

comments


Share: