NEWSTODAY.ID, Aceh – Pernahkah kamu terpengaruh saat ingin membeli suatu barang secara banyak hanya karena harga yang ditawarkan oleh si penjual tidak jauh berbeda apabila kamu membelinya lebih sedikit ? Jika kamu terpengaruh akan ” pancingan ” si penjual dan berhasil membeli barang sesuai apa yang diingikan penjual, selamat kamu telah terpengaruh oleh decoy effect.

Decoy effect ialah salah satu efek psikologis yang terjadi di dunia bisnis yang berhubungan dengan salah satu strategi penetapan harga yang dilakukan oleh si penjual dengan menetapkan harga yang paling mahal dari tiga pilihan. Konsumen yang ingin membeli suatu barang biasanya akan dipusingkan dengan tiga pilihan yang ditetapkan oleh si penjual. Berikut merupakan contoh decoy effect yang mungkin pernah kamu rasakan

Seorang penjual memberikan kamu tiga pilihan yang sesuai dengan gambar tersebut, setelah kamu pikir dan ingin menentukan pilihan kamu. Yang mana yang akan kamu pilih ? Jika kamu memilih iphone 7 plus, maka si penjual telah berhasil menjebak kamu dengan strateginya. Dalam kondisi ini, iphone 7 lah yang menjadi where to buy clonidine, purchase lioresal decoynya. Jika kamu membeli iphone 7, maka akan terlintas di pikiran kamu ” Yah, rugi dong kalau beli iphone 7, nambah sedikit lagi bisa dapat iphone 7 plus nih ”.Kurang lebih akan seperti itulah efek psikologis yang akan mempengaruhi kamu. Belum lagi si penjual akan menggoda kamu dengan beberapa bonus apabilaA� kamu membeli iphone 7 plus.

Dalam kasus iniA�decoy effectA�belum sepenuhnya digunakan dalam strategi pemasaran. Bila konsumen memiliki dua pilihan, konsumen terpaksa mengambil keputusan. Mereka bisa memilih opsi kecil dengan uang lebih sedikit, atau pilihan besar untuk lebih banyak uang. Ini adalah keputusan yang sulit.
Mereka ingin terlihat hebat ketika membeli sesuatu barang, tetapi tidak mau mengeluarkan lebih banyak uang. Jadi apa yang akan mereka(konsumen) lakukan? Mereka umumnya menghabiskan lebih sedikit uang ketika dihadapkan dua pilihan.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information (NCBI)A�decoy effectA�telah digunakan dalam berbagai situasi pilihan, tidak hanya pada produk komersial, tetapi juga pekerjaan dan kandidat politik.A�Joel Huber dari Duke University merupakan seorang profesor di bidang pemasaran yang menyebutkan istilah decoy effectA�ini .

Comments

comments


Share: