MUI Sudah Ancang-ancang Keluarkan Fatwa Haram Untuk Netflix

NEWSTODAY.ID, Jakarta – Sudah tidak asing lagi jika perusahaan platform video on demand Netflix mendapatkan pertentangan keras dari berbagai pihak seperti KEMKOMINFO dan Telkom Indonesia. Tak hanya kedua pihak tersebut saja, kini Netflix kedatangan penentang baru yakni MUI.

Hasanuddin selaku Ketua Dewan Fatwa MUI mengatakan jika pihaknya siap menjatuhkan fatwa haram jika adanya komponen masyarakat yang keberatan dengan konten-konten yang disajikan oleh Netflix. Tidak hanya itu, Hasanuddin juga mengaku jika saat ini pihaknya akan memberi keputusan setelah adanya sidang pleno fatwa MUI.

“Namun jika ada komponen masyarakat yang merasa keberatan dengan layanan Netflix dan membutuhkan fatwa, MUI akan segera pelajari dan akan kami putuskan dalam sidang pleno fatwa MUI. Mengeluarkan fatwa terhadap konten negatif di Netflix, MUI tak membutuhkan waktu yang lama,” ungkapnya seperti yang dikutip Newstoday.id dari laman Tempo (12/01/2020).

Hasanuddin juga menambahakan jika saat ini media sosial dan platform diginal sangat rentan disusupi oleh berbagi konten negatif yang sudah melanggar norma hukum dan agama di Indonesia. Oleh karena itu, ia menyarankan agat para pemangku kepentingan untuk bersama-sama memfilter tayangan konten yang ada di Netflix.