Hari Jazz Sedunia 2021 Ditutup dengan Acara Spektakuler “All-Star Global Concert”

NEWSTODAY.ID, Jakarta – Diikuti lebih dari 190 negara, peringatan Hari Jazz Sedunia yang Ke-10 ditutup dengan acara menarik “All-Star Global Concert” yang menjangkau jutaan orang di dunia. Dibawakan oleh Michael Douglas dan Direktur Artistik Herbie Hancock, serta Direktur Musik John Beasley, konser ini mempertemukan berbagai artis ternama dari 20 lebih negara. Acara tersebut didukung oleh Toyota sebagai Sponsor Utama, dan United Airlines sebagai Sponsor di Sektor Penerbangan.

Konser Global 2021 ini menampilkan berbagai momen berkesan yang mencerminkan kekuatan jazz sebagai aspek pemersatu. Dari New York, Vokalis Veronica Swift dan Pemain Alat Musik Tiup Ingrid Jensen membuka konser dengan lagu “Sing”, sebagai apresiasi terhadap perubahan positif yang dihadirkan musik di dunia. Beberapa pertunjukan menarik lainnya termasuk Pianis dan Komposer Jacob Collier di London, Penyanyi Wanita asal Benin Angélique Kidjo di Paris, Pianis asal Jepang Junko Onishi di Tokyo, Ivan Lins di Rio De Janeiro, Vokalis/Pemain Alat Musik Tiup Mandisi Dyantyis di Cape Town. Interpretasi sensasional atas lagu “God Bless The Child” oleh Vokalis Andra Day di Los Angeles turut melengkapi sederet penampilan tersebut.

Dibawakan oleh Pemenang Academy Award Michael Douglas dari Kantor Pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, konser 2021 ini menjadi sarana yang membuktikan peran jazz sebagai karya seni global. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres berkata, “Sepuluh tahun lalu, kita memperingati Hari Jazz Sedunia untuk pertama kalinya di Aula Sidang Umum PBB atas inisiatif UNESCO dan Herbie Hancock Institute of Jazz. Dari tahun ke tahun, ajang ini telah menjadi perayaan menarik—tak hanya tentang musik, namun juga kebebasan, keberagaman, dan martabat manusia. Hal-hal ini turut diperjuangkan dan dipromosikan PBB di seluruh dunia.”

UNESCO dan Herbie Hancock Institute of Jazz mengadakan program edukasi dan penyuluhan secara gratis pada sepanjang hari. Dalam sebuah sesi yang paling dinantikan, Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay dan Duta Persahabatan UNESCO Herbie Hancock terlibat dalam sebuah diskusi hangat tentang sejarah dan warisan Hari Jazz Sedunia.

Hari Jazz Sedunia diperingati melalui ribuan konser dan program yang berkaitan dengan Jazz di seluruh dunia setiap tahun pada 30 April. Lebih lagi, Hari Jazz Sedunia mempersatukan berbagai negara dan masyarakat di tujuh benua untuk mengapresiasi jazz sebagai karya seni internasional, mengemukakan peran penting jazz dalam mendorong dialog, memberantas diskriminasi, dan mempromosikan martabat manusia.