PBESI Bentuk Tim Seleksi Pelatnas Esports untuk SEA Games 2021

NEWSTODAY.ID, Jakarta – Salah satu perayaan olahraga bergengsi ASIA Tenggara dalam waktu dekat adalah SEA Games 2021 akan diselenggarakan di Hanoi, Vietnam. Salah satu cabang olahraga yang dinantikan yaitu esports. Dalam hal, ini Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) sebagai organisasi mewadahi seluruh kegiatan esports di Indonesia sedang melakukan kegiatan Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk SEA Games 2021 di bawah arahan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

PBESI telah membentuk Tim Seleksi yang bertugas untuk menyiapkan proses seleksi yang berlangsung sejak Desember 2021. Dalam tugasnya, mengumpulkan rekam jejak dan prestasi para atlet esports nasional, serta menyelenggarakan kualifikasi terbuka dan kejuaraan nasional untuk menyaring atlet-atlet terbaik di setiap cabang game yang dipertandingkan.

Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo mengatakan, selain sebagai bentuk persiapan optimal untuk meraih pencapaian maksimal di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, penyelenggaraan Pelatnas SEA Games 2021 sejatinya juga merupakan bagian dari komitmen dan tanggung jawab jangka panjang PBESI dalam terus meningkatkan kompetensi dan prestasi para atlet esports Indonesia di kancah dunia.

Pelatnas akan diselenggarakan dari 1 Maret hingga 30 April 2022. Proses ini melibatkan empat jalur seleksi, yaitu jalur PON, jalur undangan, jalur Kejuaraan Nasional (Kejurnas), serta pilihan pelatih, dan menjaring lebih dari 120 atlet dan 10 pelatih untuk seluruh nomor pertandingan.

Program Pelatnas akan dibagi ke dalam 2 tahap. Tahap pertama akan berlangsung 1-10 Maret 2022. Fokus Pelatnas tahap pertama adalah untuk melatih dan menyeleksi seluruh anggotakontingen SEA Games 2021. Adapun Pelatnas tahap kedua akan dilaksanakan dari 11 Maret hingga 30 April 2022 dan akan berfokus pada pelatihan para atlet yang dinyatakan terpilih untuk diberangkatkan ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam

Pengumuman nama-nama pelatih dan atlet yang akan mengikuti Pelatnas SEA Games 2021 disampaikan secara daring dan dihadiri oleh para pemangku kepentingan terkait dalam industri esports nasional.

Informasi mengenai Pelatnas SEA Games 2021, serta nama-nama dari para pelatih dan atlet yang terpilih dapat diakses dalam platform resmi PBESI yaitu www.Garudaku.com atau laman sosial media resmi PBESI.