Planet9, Platform Gaming dengan Ekosistem Esports yang Dinamis dari Acer dapat Fitur Baru

NEWSTODAY.ID, Jakarta – Acer kembali menyorot produk digital mereka, sebuah platform esports bernama Planet9 dalam perhelatan dua kali setahun Acer Global Press Conference atau GPC next@acer yang diadakan tanggal 21 Oktober lalu dengan tema ‘Stay Connected’.

Sebagai wadah yang kompetitif dan juga tempat para gamer untuk bersosialisasi, Planet9 dirancang secara khusus untuk menyediakan komunitas terbuka bagi pemain kasual dan amatir yang ingin meningkatkan keterampilan mereka dan mengambil langkah untuk menjadi profesional.

“Tujuan kami dalam membuat Planet9 ini adalah untuk memberikan sebuah platform yang memiliki ekosistem esports yang sehat, dengan mempertemukan para gamer, tim, komunitas, pelatih hingga fans di dalam satu wadah,” kata Andrew Chuang – General Manager of Esports Service and Rugged Computing.

Selain kembali mengingatkan keberadaannya, Acer juga mengungkapkan fungsi terbaru dari Planet9, yaitu dengan menghadirkan fitur Club dan Tournaments. Fitur terbaru ini dirancang untuk para gamers dalam hal membangun tim, melatih skill, hingga meningkatkan permainan yang kompetitif dan memfasilitasi komunikasi antara brand dan pemain.

Fitur Club di Planet9 dimaksudkan untuk membantu gamer mengikuti grup yang mereka sukai atau kagumi, baik mereka adalah nama besar di industri atau tim universitas lokal. Club terdiri dari dua bagian, bagian “home” diperuntukan untuk followers dan pada bagian “lounge” pribadi untuk member. Halaman “home” adalah tempat untuk berbagi konten (posting, polling, video, dll) untuk terlibat dengan komunitas, sedangkan “lounge” adalah tempat untuk bersantai dan mendiskusikan konten terkait klub dengan lingkaran kecil anggota yang lebih berdedikasi.

Sebagai platform esports untuk para gamer di masa depan, Planet9 juga berfungsi sebagai wadah gabungan dari sifat kompetitif dan juga tempat para gamer untuk bersosialisasi. Platform ini membantu gamer untuk terhubung dengan orang lain, melalui tim dan klub sosial dengan tujuan meningkatkan keterampilan mereka, memberikan feedback permainan secara mendalam dalam bentuk statistik dan pelatihan, dan untuk memberikan pengalaman permainan yang terorganisir, melalui pertarungan kasual ataupun turnamen kompetitif untuk sebagian besar game.

Sedangkan fitur Tournaments sendiri menjadi perwujudan Planet9 sebagai platform lengkap untuk esports. Jadi para pengguna dapat terbantu saat ingin melakukan turnamen meski ia belum memiliki pengalaman profesional. Antarmuka yang intuitif memastikan bahwa turnamen sukses mungkin dicapai oleh mereka yang tidak memiliki pengalaman. Sementara sejumlah fitur otomatisasi (pendaftaran, penguasaan braket, dll.) memungkinkan tuan rumah untuk meminimalkan waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang membosankan dan fokus untuk menikmati acara turnamen sebisa mungkin. Tournaments sangat dapat customize, menampilkan sejumlah preset bracket dan mode privasi, peluang untuk sponsored branding dan hadiah yang ditentukan oleh klub.

Lalu sebagai tambahan, mengenai kondisi industri gaming di masa pandemi, Andrew menemukan bahwa di saat seperti ini ia melihat banyak gamer di seluruh dunia lebih terhubung dan semakin banyak pertandingan yang dilakukan antar tim. “Di sejumlah negara, mereka bisa membuat pertemuan online untuk banyak orang contohnya mereka bisa memberikan tantangan untuk bermain bersama,” tutupnya.