Review Star Wars Jedi Fallen Order

Belakangan ini, Star Wars Jedi Fallen Order menjadi game yang cukup panas diperbincangkan. Bahkan Respawn Games mengklaim jika game yang ia garap mendapatkan response yang sangat positif dari gamers sehingga mampu terjual sangat cepat di masa awal peluncurannya.Hal tersebut tentu saja sangat menarik dan membuat penulis ingin mencoba game Star Wars: Jedi Fallen Order dan membagikan pengalaman seru penulis untuk pembaca setia GAMESCORE.ID.

Gameplay (9/10)

 

Di game ini, kamu akan berperan sebagai Cal Kestis. Ia merupakan seorang Padawan (Jedi yang masih berlatih) yang sedang bersembunyi dari kejaran Empire yang memang memburu dan membunuh para Jedi di seluruh penjuru galaksi. Selama beberapa tahun, Cal menyembunyikan identitasnya sebagai seorang Jedi di planet Bracca. Di planet tersebut, Cal dikenal sebagai seorang Scrapper.

Namun sayangnya, persembunyian Cal di planet Bracca terendus dan akhirnya ia pun diburu oleh organisasi Order of the Inquisitors, para pembunuh Jedi. Padahal, saat itu Cal hanya seorang Padawan yang harus berlatih untuk menjadi seorang Jedi Knight. Proses berlatih ini tentu saja sangat sulit mengingat kini para Jedi sudah mulai musnah.

 

Di awal prologue game, pertarungan antara Cal dan salah satu penguasa Order of the Inquisitors yakni Second Sister terjadi. Pertarungan cukup sulit karena Cal memiliki skill bertarung yang sangat jauh dari Second Sister. Namun pada akhirnya Cal pun diselamatkan oleh dua orang asing yang memiliki nasib sama dengan Cal yakni seorang mantan Jedi bernama Cere dan Pilot bernama Greez. Cal pun akhirnya memutuskan untuk ikut bergabung dan bekerjasama untuk menyelesaikan misi demi mengembalikan kedamaian dengan cara menghidupkan kembali Jedi Order.

Di awal game, penulis mengira game ini memiliki gameplay hack and slash. Dimana kamu cukup menekan tombol attack secara brutal layaknya game Devil May Cry. Namun ternyata tidak. Kamu tidak bisa melakukan hal tersebut sebab game ini lebih berfokus terhadap style counter attack demi memaksimalkan serangan kamu kepada musuh. Tidak hanya itu, penulis juga merasa jika gameplay dari game ini sedikit mirip dengan Uncharted dimana kamu bisa memanjat dengan lincah, berayun, melompat, wallrun serta adanya beberapa teka teki yang harus dipecahkan untuk lanjut ke misi selanjutnya.

 

Salah satu hal menarik dari game ini adalah hadirnya kostumisasi yang cukup lengkap. Ya, di game ini kamu bisa mengkostumisasi karakter bahkan lightsaber yang kamu gunakan untuk berperang. Kostumisasi pada lightsaber cukup lengkap mulai dari warna dan bahkan bentuk dari lightsabernya sendiri. Oh ya, kamu bisa menggunakan dual lightsaber milik Darth Maul loh di game ini.

Tidak hanya kostumisasi dari segi visual saja, skill dari Cal juga bisa diupgrade dengan menggunakan sistem skill tree. Ada tiga skill tree utama di game ini mulai dari Force, Lightsaber, dan Survival. Untuk mengupgrade skill tersebut dibutuhkan skill point yang nantinya akan kamu dapatkan setelah bertarung.

Grafik (9.5/10)

 

Penulis sendiri mencoba game ini pada platform Playstation 4. Kualitas grafis yang dihasilkan oleh game ini tentu saja oke banget berkat penggunaan Unreal Engine 4. Untuk soal detail, jangan diragukan lagi. Game yang satu ini memiliki kualitas yang sangat jempolan.

Penulis paling menyukai ekspresi yang dikeluarkan oleh Cal di game ini. Emosi dari setiap percakapan terlihat begitu nyata dan tidak kaku. Oh ya sebagai informasi tambahan, karakter Cal pada game ini diperankan oleh Cameron Monaghan yang sempat berperan sebagai Joker di film Gotham.

Kontrol (9.0)

 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kami mengetest game ini dengan menggunakan konsol Playstation 4. Untuk kontrol sendiri menurut kami tidak begitu sulit. Mungkin akan ada sedikit penyesuaian dan penghapalan tombol ketika Cal sudah melakukan berbagai upgrade skill bertarungnya. Sehingga kamu bisa melakukan berbagai combo yang pas untuk mengalahkan lawan.

Adiktif (9.8/10)

 

Star Wars Jedi Fallen Order tentu saja membuat penulis ingin terus memainkannya. Berbeda dengan game single player lainnya, game ini menawarkan eksplorasi yang cukup sempurna. Selain itu, eksplorasi kamu di game ini juga dapat sekaligus membuat Cal menemukan jati dirinya sebagai seorang Jedi kuat dengan berbagai skill yang ia miliki.

Kesimpulan

Game ini bisa dibilang salah satu seri Star Wars yang paling sempurna. Tidak hanya itu, kehadiran game ini juga mampu menjadi bukti jika game single player memang masih seru untuk dimainkan dan gamers memang membutuhkan game-game berkualitas AAA seperti ini. Tidak hanya aksi bertarung yang seru, beberapa elemen puzzle yang diterapkan pada game ini juga menambah rasa penasaran dan semakin adiktif untuk terus bermain game ini.

Dengan berbagai kelebihan yang disajikan oleh game ini, GAMESCORE.ID dengan senang hati memberikan total skor review 9.3 dari 10 untuk game yang satu ini. Good Job EA!

Leave a Reply