Serahkan Hasil Donasi Kartini Day Ladies Showdown, PBESI dan LSI Apresiasi Pesan #SheSpeaksOut

NEWSTODAY.ID, Jakarta – Turnamen amal yang diselenggarakan oleh UniPin Community (UNITY) bersama Riot Games SEA, Kartini Day Ladies Showdown telah usai Rabu, 21 April lalu. Sejumlah donasi beserta prizepool senilai total enam puluh juta rupiah, diserahkan secara langsung kepada Lentera Sintas Indonesia (LSI), Sabtu (8/5). Debora Imanuella, selaku Senior Vice President UniPin Community Indonesia hadir untuk menyerahkan hasil donasi bersama dengan perwakilan PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia).

Acara penyerahan yang dilakukan di Jakarta ini diterima secara langsung oleh tim LSI. Hadir sebagai per- wakilan LSI yaitu Sophia Hage selaku Co-Founder dan Campaign Director LSI serta Astri Ramyaziza dan Chelsea Wina Haekalsebagai Campaign Officer LSI. Melalui kesempatan tersebut LSI menyampaikan apresiasi terhadap upaya UniPin dan Riot Games SEA dalam menciptakan ruang aman bagi komunitas esports di Indonesia,

“Kami sangat mengapresiasi tujuan dari Kartini Day Ladies Showdown. Dengan kampanye #SheSpeaksOut, LSI berharap dapat terbentuk ruang aman bagi gamer peremuan di komunitas esports Indonesia. Selain itu, melalui kolaborasi yang ada, para gamer juga menjadi sadar mengenai isu kekerasan seksual. Sehingga, para teman-teman gamers dapat mengurangi dan menangani dengan baik jika ada isu kekerasan dan atau pelecehan seksual terjadi di sekitar mereka,” ujar Sophia.

LSI telah secara rutin memberikan edukasi mengenai kekerasan seksual kepada masyarakat. Tidak hanya mengedukasi tentang apa itu kekerasan seksual, LSI juga secara aktif menginformasikan cara menangani kekerasan seksual yang terjadi kepada diri sendiri maupun orang lain. Selain edukasi, LSI menyediakan wadah aman bagi para penyintas kekerasan seksual untuk berbagi, melalui pertemuan tertutup setiap bulannya.

Turut hadir dalam acara ini beberapa perwakilan PBESI. Liliana Sugiarto, Ketua Bendahara Umum PBESI dan Diana Tjong, Wakil Ketua Bendahara Umum PBESI datang sebagai wujud dukungan langsung akan inisiatif kerjasama antara UniPin dan Riot Games SEA,

“Semoga event charity ini dapat menjadi inspirasi bagi para perempuan di dunia esports untuk bisa lebih speaks out dan juga berani menunjukkan kemampuan mereka,” tambah Diana.

Menutup serangkaian acara singkat tersebut, Debora Imanuella membagikan harapan agar pesan #SheSpeaksOut dapat terus digaungkan terlepas dari berakhirnya Kartini Day Ladies Showdown. Tidak hanya mewakili UniPin, Debby – panggilan Debora, mewakili para 20 gamer influencer perempuan yang telah berkontribusi dalam charity match menyampaikan,

“Sebagai perempuan, saya secara personal merasa bahwa pesan ini adalah angin segar bagi kita semua untuk mulai lebih sadar terharap isu kekerasan seksual yang terjadi di ekosistem esports. Usaha kita semua tidak akan berhenti di sini. Semua pihak yang terlibat telah menunjukkan komitmennya. Melalui UNITY, kami akan menunjukkan lebih banyak upaya untuk dapat membuktikan bahwa kami ingin mendorong pemberdayaan esports untuk perempuan tanah air,” tutup Debby.

Setelah Kartini Day Ladies Showdown, UNITY sudah siap dengan kegiatan lain yang dibentuk untuk kembali mewadahi gamer perempuan. Pada 6 Mei lalu, UNITY telah membuka rangkaian turnamen Mobile Legends: Bang Bang, Ladies Series MLBB 2021. Masih membawa semangat yang sama, turnamen ini di- harapkan dapat menjadi batu pijakan gamer perempuan dalam menunjukkan talenta dan kemampuan mereka. Turnamen ini dibuka untuk siapapun dan akan dimulai pada 20 Mei 2021.

Acara turnamen amal Kartini Day Ladies Showdown sendiri telah terselenggara secara daring melalui siaran langsung di akun Youtube resmi UniPin Gaming. Keseluruhan acara dapat kembali disaksikan me lalui akun Youtube yang sama. Berbagai informasi dan kegiatan terbaru UNITY dapat diakses secara langsung melalui akun instagram UniPin Indonesia @unipinindonesia dan @unipincommunity atau akun Facebook resmi UniPin. Selain itu, semua informasi detail lain terkait Lentera Sintas Indonesia dapat dicek langsung lewat situs resmi sintas.org dan akun instagram @lentera_id.