Google

Google Blunder Terkait Kumpulkan Data Anak-anak AS Secara Ilegal

NEWSTODAY.ID, JAKARTA – Koalisi dari 23 lembaga advokasi, konsumen dan privasi anak-anak telah melaporkan Google ke Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat (FTC). Pasalnya, Google telah melanggar undang-undang perlindungan privasi daring anak-anak di AS atau Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA) karena mengumpulkan data pribadi anak-anak AS dibawah 13 tahun melalui Youtube secara ilegal dengan suasana taman bermain digital yang disesaki dengan iklan.

Menurut data yang dilansir dari Centre for Digital Democracy, Youtube merupakan platform daring paling populer bagi anak-anak di AS. Sekitar 80 persen digunakan oleh anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun.

Terlepas dari data diatas, terdapat dua koalisi yakni Campaign for a Commercial Free Childhood (CCFC) dan The Center for Digital Democracy mengklaim bahwa situs Youtube hanya diakses oleh anak-anak berusia 13 tahun keatas. Dua kelompok tersebut mengklaim bahwa Google menyadari kalau Youtube juga diakses oleh anak-anak yang berusia dibawah 13 tahun. Maka, data inilah yang Google ambil secara ilegal melalui Youtube untuk melacak diberbagai situs yang di jelajahi oleh anak-anak tersebut dengan cara saat mereka tidak sengaja meng-klik iklan yang ada tanpa adanya bimbingan orang tua.

“Selama bertahun-tahun Google telah menyerahkan tanggung jawabnya kepada anak-anak dan keluarga dengan mengklaim secara tidak jujur bahwa Youtube, situs yang penuh dengan kartun populer, lagu anak-anak dan iklan mainan, bukan untuk anak-anak dibawah 13 tahun,” kata Direktur Eksekutif CCFC Josh Golin dikutip dari The Guardian pada Senin (09/04).

Ia juga berpendapat bahwa Google sangat beruntung mengirimkan iklan kepada anak-anak dengan mematuhi COPPA.

“Sudah waktunya pihak FTC untuk meminta pertanggungjawaban Google atas pengumpulan data ilegal dan praktik periklanannya,” tegas Golin.

Diketahui juga sejak 2015 Google juga memiliki aplikasi khusus bagi anak-anak yakni ‘Youtube Kids‘ jika dari segi kegunaan, Youtube Kids hanya menampilkan konten dan iklan yang sesuai bagi anak-anak.

Foto : Google Vietnam

Comments

comments


Share: