Hyperthymesia : Kekuatan Ingatan Luar Biasa

NEWSTODAY.ID, Aceh –  Apakah kamu  mampu mengingat sesuatu dengan sangat jelas ? Jika kamu dapat mengingat segala sesuatu peristiwa dengan sangat jelas dan tepat, maka kamu memiliki sindrom yang sangat spesial yaitu sindrom hyperthymesia. Apa itu sindrom hyperthymesia ? sindrom ini merupakan kondisi di mana seseorang memiliki ingatan super yang dapat mengingat sebagian besar pengalaman pribadi dan peristiwa yang dialami dengan sangat jelas. Penderita memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengingat ingatan yang bersifat spesifik seperti waktu,tanggal, bulan, tahun, dan cuaca saat kejadian. Sindrom ini merupakan sindrom yang sangat langka. Sepanjang sejarah hanya 25 orang yang mengalami sindrom ini.

Perbedaan utama antara hyperthymesia dengan mereka yang mempunyai memori yang biasa yaitu ketidaksadaran alami yang dialami si penderita. Mereka yang mempunyai sindrom ini sering sekali mengalami gangguan seperti tiba-tiba mengingat  kejadian biasa seperti tanggal pada kalender dan mengasosiasikan setiap peristiwa secara  tidak sadar. Kalau kamu yang dapat mengingat kejadian detail di saat hari-hari yang penting di dalam hidup kamu, hal tersebut tidak dapat dikategorikan ke dalam sindrom hyperthymesia. Mereka yang terkena sindrom ini dapat mengingat suatu hal yang penting dan tidak penting di dalam hidup mereka, otak memaksa untuk mengingat suatu peristiwa walaupun si penderita tidak menginginkannya.

Penelitian lebih lanjut pada mereka yang menderita dari kondisi tersebut dilakukan dengan test IQ sederhana untuk studi kasus yang luas yang melibatkan sejarah panjang kehidupan mereka. Kehidupan mereka sebelum insiden mulai terjadi disiapkan di sebuah jurnal bahkan pertanyaan acak dirancang untuk menentukan apakah mereka dapat mengingat dengan tepat apa yang yang terjadi pada tanggal yang juga telah diacak. Pada akhirnya, orang-orang dengan kemampuan super ini akhirnya menemukan bahwa bakat mereka lebih merupakan beban daripada sebuah karunia. Mereka yang memiliki sindrom ini tidak dapat menghafal pelajaran dengan baik, karena sindrom ini meninggalkan penderita dengan aliran yang berhubungan dengan pengalaman hidup mereka sendiri. Mereka merasa hampir mustahil untuk menerapkan bakat mereka untuk informasi atau fakta dalam belajar, Hal ini membuat mereka normal atau di bawah kemampuan menghafal rata-rata manusia biasa.

Comments

comments


Share: