Di era millenial ini Ponsel atau Telepon Seluler menjadi benda yang tak bisa lepas dari genggaman kita. Ponsel telah ada sejak 1973, ditemukan oleh Insinyur Motorola Martin Cooper, kini Ponsel menjadi barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang.

“Banyak tahap pengembangan yang dilewati oleh ponsel, mulai dari ponsel tanpa layar, layar monokrom, hingga LED dengan jutaan warna.”

Martin Cooper, Image : The Times

Saat Pertama kali ponsel ditemukan, saat itu ponsel memiliki bentuk yang sangat besar, ponsel itu diberi nama DynaTAC 8000x beratnya mencapai 2,5 kg, itulah ponsel pertama yang diproduksi oleh Cooper di Tahun 1983. Ponsel ini memakan biaya produksi yang tidak sedikit, untuk satu ponsel saja diperlukan biaya kurang Lebih 3500 USD. Hal ini lah yang menjadi hambatan bagi Cooper untuk memproduksi ponsel ini secara masal.

Impian Cooper pada saat itu, kini sudah menjadi kenyataan. Karena sekarang biaya pembuatan ponsel semakin murah, bahkan kino ponsel memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan lebih ringan serta fungsinya yang semakin banyak dan semakin cerdas.

Dari sekian banyak model ponsel yang tersebar di masyarakat, ada beberapa ponsel yang dianggap memiliki bentuk yang unik dan ikonik serta menjadi trend di masanya. Berikut daftarnya:

1. Motorola DynaTAC 

Image : Deviantart

Ponsel yang sering dipakai shooting film Holywood tahun 1980-an ini hanya bisa dipakai selama 60 menit untuk menelpon. Sementara untuk mengisi daya baterainya memerlukan waktu yang sangat lama yaitu 10 jam.

2. Motorola 4500x
Image : Zeppy

Kalau ponsel yang satu ini sih lebih cocok disebut telepon mobil. Ukuran dan bobotnya yang besar dan seperti tas tangan ini cukup membuat penggunanya kerepotan pada zamannya.

3. Philips C12
Image : Mirror

Ponsel keluaran pabrikan Philips ini dirilis pada tahun 1990-an. Desain candybar diusung oleh ponsel C12 ini. Ponsel ini berbentuk persegi panjang dengan layar dan tombol fisik serta nomor yang berada di dalam satu ruang.

4. Nokia 3310
Image : ZDNet

Ponsel yang satu ini sangat populer dizamannya bahkan hingga sekarang pun ponsel ini masih memiliki banyak penggemar. Saking populernya pada tahun 2017 ini Nokia mengeluarkan versi kekiniannya. Nokia 3310 ini sering disebut sebagai revolusioner sebab ponsel asal Finlandia ini memiliki desain yang cantik dan futuristik serta memiliki lekukan yang dinamis. Ponsel ini juga ponsel pertama yang menyertakan game di dalamnya anda tentu masih ingat dengan game ponsel legendaris ‘Snake 2’, berkat fitur game dan desainnya ponsel ini pun dinobatkan sebagai ponsel terpopuler sepanjang masa.

5. Ericsson T28
Image : eBay

Ericsson T28 juga merupakan salah satu ponsel favorit pada zamannya karena desainnya yang tipis dan juga ringan, bobot ponsel ini hanya 81 gram. Ponsel keluaran ericsson ini menjadi pelopor ponsel kecil yang muat disaku. Namun meski begitu ponsel ini tetap mendapat banyak keluhan dikarenakan layarnya yang terlalu kecil.

6. Ericsson T68

Image : Sim-unlock

Ponsel ini diluncurkan pada tahun 2001 dan merupakan ponsel keluaran Ericsson pertama yang memiliki layar berwarna. Ponsel ini memiliki 256 warna dan meiliki resolusi 101 x 80 piksel. Setahun setelah T68 dirilis, Ericsson merilis T68i yang menjadi salah satu ponsel pertama yang meiliki kamera. Kamera disini bukanlah fitur bawaan dari ponsel ini, melainkan  aksesoris yang dihubungkan ke ponsel.

7. Blackberry 6230

where to buy periactin appetite stimulant, generic dapoxetine

Image : Mybroadband

Ponsel yang sering dipakai oleh banyak pengusaha serta orang kantoran di zamannya, ponsel ini memiliki fitur pesan elektronik. Kedengarannya memang sederhana jika dibandingkan dengan ponsel zaman sekarang, namun Blackberry 6230 adalah salah satu ponsel yang dianggap mewah di tahun 2003. Dengan keypad QWERTY khas Blackberry yang memberikan kenyamanan bagi para penggunanya dalam mengetik pesan.

8. Nokia N-Gage
Image : Techinasia

Ponsel yang satu ini cukup populer di zamannya terutama dikalangan remaja saat itu, ponsel besutan Nokia ini menjadi satu-satunya ponsel yang difokuskan pada gaming experience. Ponsel ini sengaja dirilis untuk bersaing dalam pasar game portable, yang saat itu dikuasai gameboy keluaran Nintendo dan PSP keluaran Sony. Meski dibanderol cukup mahal pada zamannya namun ponsel ini tetap memiliki banyak penggemar. Dibekali dengan prosesor ARM 920T berkecepatan 104 Mhz yang waktu itu sudah cukup untuk menjalankan OS Symbian beserta beragam aplikasi Java MIDP yang menjadi basis judul game eksklusif untuk N-Gage. Namun sebagai ponsel yang ditujukan khusus dibidang gaming experience ponsel ini dinilai gagal dalam perkembangan game, seiring dengan kurangnya dukungan dari Developer game AAA dan maraknya pembajakan game.

9. Sony Ericsson V800
Image : Amazon

Sony Ericsson V800 merupakan ponsel yang memiliki desain kulit kerang atau flip, dalam hal ini kamu diharuskan untuk membuka layarnya terlebih dahulu jika ingin menggunakan ponsel. Ponsel ini juga menjadi salah satu ponsel yang masuk ke Inggris dengan teknologi jaringan nirkabel 3G yang sangat diandalkan operator seluler Vodafone yang membundling ponsel ini. Ponsel ini juga didukung dengan kamera bersensor 1.3 megapixel. Tak hanya sampai disitu kamera yang dimiliki Sony Ericsson V800 ini dapat diputar sehingga pengguna dapat melakukan video call.

10. Motorola Razr V3
Image : GSMArena

Razr V3 adalah salah satu ponsel andalan Motorola. Tampilan dari ponsel ini sangatlah menawan dengan desainnya yang ramping. Ponsel ini sangat populer dikalangan perempuan karena membuat varian berwarna pink.

11. LG Chocolate
Image : Amazon

Sama seperti Razr V3, LG Chocolate juga merupakan ponsel yang menjadi pilihan bagi banyak kaum wanita karena desainnya yang feminim dan tersedia dalam berbagai warna, selain warna hitam ada putih, pink, dan juga coklat.

12. Nokia N95
Image : eBay

Ketika sedang berada di puncak kejayaannya, Nokia merilis ponsel N95. Dirilis di tahun 2007, N95 sudah dianggap sebagai ponsel pintar karena menggunakan sistem operasi Symbian 9.2. Nokia menawarkan berbagai macam fitur termasuk kamera 5 megapixel, GPS, dan tak ketinggalan perangkat lunak browser. Tidak sampai disitu media penyimpanan data Nokia N95 ini juga dapat diperluas dengan pemakaian kartu MicroSD.

13. Motorola Rokr E1
Image : GSMArena

Setelah seri Razr, Motorola mencoba keberuntungan dengan merilis seri Rokr. Motorola menggaet Apple untuk bekerja sama dengan memberikan perangkat lunak multimedia kebanggaan Apple yaitu iTunes. Pengguna dapat mendownload dan menikmati hingga 100 lagu. Namun tampilan dari ponsel ini tidaklah menarik, sehingga ponsel ini pun masuk ke dalam jajaran ponsel yang dianggap gagal juga tersingkir dan menelan kekalahan dengan pemutar digital andalan Apple, iPod.

Comments

comments


Share: