KEMKOMINFO Blokir Steam

buy celebrex, order clomid

NEWSTODAY.ID, JakartaIndonesia Game Rating System (IGRS) sedang digodok matang-matang oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMKOMINFO). Sistem ini sendiri bakal serius dalam mengatur game yang akan masuk ke Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, pihak KEMKOMINFO bahkan mengaku siap melakukan blokir terhadap platform game Steam jika tidak mengikuti aturan IGRS.

Keterangan tersebut disampaikan langsung oleh Samuel Albrijani Pangerapan selaku Direktur Jendral Aplikasi dan Informatika dari KEMKOMINFO. Saat ditemui oleh tim Newstoday.id di pusat perbelanjaan di bilangan Jakarta Utara, pihaknya mengaku siap memblokir game apapun yang masuk ke Indonesia jika menyalahi aturan IGRS. Termasuk game-game yang ada di platform Steam.

“Seluruh game yang masuk di Indonesia wajib mendaftar dan mengikuti aturan IGRS. Sistem rating tersebut berperan sebagai bentuk pengenalian konten-konten agar konten game bisa tumbuh positif di Indonesia dan masyarakat bisa bermain game sesuai dengan umurnya,” ungkap Albrijani kepada tim redaksi Newstoday.id (10/11).

Ia menegaskan jika terkait peraturan rating game tersebut berlaku untuk semua game yang masuk ke Indonesia baik dari developer atau publisher lokal maupun mancanegara. Jika ditemukan pelanggaran, Albrijani mengaku siap memberikan sanksi tegas.

Saat ini Albrijani juga mengaku jika KEMKOMINFO sudah memiliki guideline untuk Indonesia rating game system. Sistemnya sendiri saat ini masih mengandalkan volunteer. Namun kedepannya, KEMKOMINFO akan menyediakan sistem khusus yang dapat mengendalikan peredaran game di Indonesia. Pemblokiran dan pemberian sanksi tersebut tentunya akan mulai intensif ketika sistem tersebut sudah benar-benar rampung.

Editor : RPP

Comments

comments


Share: