Menjelang akhir tahun kebanyakan orang disibukan dengan memilih destinasi wisata untuk dikunjungi saat liburan akhir tahun. Mencari tempat liburan baru yang seru, unik, dan belum pernah dikunjungi menjadi hal wajib saat musim liburan tiba, apalagi untuk kamu yang sering travelling ke berbagai negara.

Untuk kamu yang sedang mencari destinasi liburan yang baru tak ada salahnya untuk menambahkan Korea Utara ke dalam daftar negara yang mungkin kamu kunjungi. Hah, Korea Utara? Memangnya bisa? Bukannya itu negara tertutup? Bisa-bisa pulang tinggal nama.

Tenang jangan khawatir kamu bisa kok liburan ke Korea Utara, negara ini memang penuh dengan aturan ketat, namun kamu tetap bisa berkunjung ke sana selama kamu mengikuti semua aturan yang ada.

 

YOLO (You Only Liburan Once)
Image : Brilio

Tak seperti negara lain yang bisa kamu kunjungi berkali-kali, liburan ke Korea Utara ini hanya bisa dilakukan sekali saja, dikutip dari Brilio, pengajuan visa liburan hanya bisa diajukan sekali seumur hidup itupun dengan catatan negara calon pengunjung mempunyai hubungan diplomatik yang ditandai dengan adanya kedubes di tiap negara, karena Indonesia sudah punya hubungan diplomatik maka kamu bisa berkunjung ke Korea Utara. Jika pengajuan visa mu diterima kamu akan diberikan paket liburan lengkap dengan Tour Guide, kamu tidak bisa liburan sendiri tanpa tour guide di sana.

 

Tak Bisa Pilih Tour Guide
Image : Wikimedia Commons

Melanjutkan poin pertama, Tour Guide yang akan menemanimu nanti adalah Tour Guide  resmi yang disediakan pemerintah Korea Utara. Jadi kamu tidak bisa memilih jasa tour guide yang lebih murah atau yang fasilitas lebih karena semua sudah disiapkan sesuai ketentuan disana.

 

Cuma Bisa Naik Maskapai Air Koryo buy celebrex 200mg online, cheap Zoloft
Image : NK News

Jika kamu sudah menyiapkan budget lebih untuk naik pesawat first class sebaiknya simpan saja uangmu untuk jajan di sana sebab pesawat yang diperbolehkan keluar masuk Korea Utara hanyalah maskapai Air Koryo, itu pun hanya bisa di akses dari Beijing, Tiongkok. Jadi wajib hukumnya untuk transit di Beijing terlebih dahulu.

 

Hormati Penguasa Dulu, Liburan Kemudian
Image : NPR

Sebelum mulai menjelajahi Korea Utara kamu diwajibkan untuk memberkan hormat pada patung penguasa Korea Utara Kim Il Sung dan Kim Jong Il dengan cara membungkukan badan 90A�. Jika kamu tidak mau? Maka siap-siaplah untuk diusir bahkan kamu bisa dihukum. Kalau kamu mau mengambil foto patung tersebut kamu harus mengambil foto patung secara keseluruhan dari kepala sampai kaki tak boleh ada bagian yang terpotong.

 

Mau Ambil Foto? Eits, Izin dulu!
Image : RTE

Sebenarnya kamu bebas membawa kamera di sana, namun sebelum mengambil foto sebaiknya minta izin dulu sebab banyak tempat privasi yang haram untuk diambil gambarnya oleh wisatawan bahkan sebelum pulang akan ada petugas yang memeriksa hasil jepretan mu jika ada foto yang terlarang maka kameramu akan disita bahkan mungkin dipenjara.

 

Jangan Pernah Bicarakan Agama & Politik
Image : Hubpages

Membicarakan Agama dan Politik sudah menjadi makanan sehari -hari orang Indonesia namun jangan pernah bawa kebiasaan ini saat kamu berkunjung ke Korea Utara sebab membicarakan agama dan politik haram hukumnya kamu bisa dipenjara karena hal ini merupakan pelanggaran berat di sana, namun begitu jika bicara menggunakan bahasa Indonesia mungkin tour guide juga tidak mengerti pembicaraanmu.

 

Tidak Bebas Beli Souvenir
Image : Adventuretravel

Sebelum pulang kita pasti akan membeli souvenir terlebih dahulu untuk buah tangan kepada kerabat, namun lagi lagi tak seperti di negara lain yang bebas membeli apa saja, di sana kamu hanya bisa membeli barang tertentu saja, sebab beberapa barang tidak bisa dibawa ke luar dari Korea Utara, dan sebagian hanya boleh dibeli oleh warga Korea Utara saja.

 

Bagaimana tertarik untuk liburan ke Korea Utara?

Comments

comments


Share: