NEWSTODAY.ID, Bandung – Kabar Gembira datang dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), pasalnya mulai tahun depan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri akan ditiadakan menyusul adanya kebijakan baru dari pemerintah.

Dilansir dari JPNN, menurut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, dihapuskannya SBMPTN dan seleksi mandiri ini dikarenakan seleksi-seleksi tersebut banyak merugikan calon mahasiswa.

Mohamad Nasir menjelaskan sistem seleksi yang dilakukan tertulis, hasilnya dapat dimanipulasi. Maka dari itu kedepannya akan digantikan dengan test center.

“Jadi test center ini begini ya. SBMPTN dan seleksi mandiri itu kan selalu tertulis. Selama ini sangat tinggi risiko kebocoran soal dan materi yang diujikan belum tentu pas,” ujar Menteri Nasir. Dilansir dari JPNN Jumat (12/1).

Nasir menambahkan, yang dilihat adalah potensi, kemampuan seseorang.

“Ini kan nanti hasil SBMPTN dan seleksi mandirinya akan beda. Padahal, kemampuan akademiknya sangat mungkin sama. Nah ini test center lah yang mencoba sistem tes seleksinya tidak seperti ini lagi,” terangnya.

Nasir memberikan contoh, dulu ada tes potensial kemampuan akademik, kemampuan logikanya seperti apa, siswa maunya nanti seperti itu. Sedangkan sekarang SBMPTN lebih menekankan kepada tes materi pelajaran seperti matematika, biologi dan lain-lain. Ke depannya test center ini bisa dimanfaatkan untuk seleksi lain juga.

“Tahun depan harapan saya seleksi masuk PTN hanya ada SNMPTN. Karena itu penelusuran minat dan prestasi. Lainnya pakai test center karena nanti akan tes sesuai minat. Pelaksanaan tesnya pun dibuka sepanjang tahun,” Pungkas Nasir. buy doxycycline, purchase zithromax

Comments

comments


Tags:
Share: