BKN Siapkan Alat Deteksi Jimat Untuk peserta CPNS

NEWSTODAY.ID, Jakarta – Berbagai cara dilakukan oleh para peserta CPNS agar lolos dari ujian. Salah satunya adalah menggunakan cara yang tidak masuk akal yakni dengan menggunakan jimat. Meskipun begitu, pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) tetap berjaga untuk mengantisipasi kecurangan tersebut. Salah satunya sudah dilakukan oleh BKN di Tasikmalaya untuk para CPNS yang akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Kesiapan terkait penangkalan penggunaan jimat tersebut disampaikan oleh Imas Sukmariah selaku Kepala Kantor Regional III BKN Bandung. Menurutnya, seluruh peserta akan diperiksa baik manual maupun dengan alat canggih untuk mendeteksi barang-barang asing. Termasuk jimat yang seringkali digunakan oleh para peserta. Seperti yang dilansir Newstoday.id dari laman Antaranews (5/2/2020).

Ia juga menambahkan agar peserta jangan percaya dengan pihak-pihak tertentu yang menjanjikan cara instan untuk lolos tahapan seleksi CPNS. Sebab, seleksi sendiri sudah dilakukan dengan transparan, komputerisasi, akuntabel, dan dapat dipercaya.

Imas Sukmariah juga mengharapkan agar para peserta CPNS bisa belajar dengan baik serta berdoa kepada yang mahakuasa agar bisa lolos ke tahapan selanjutnya dan resmi menjadi seorang PNS.