Kembangkan Kekayaan Intelektual Dalam Negeri, Lokapala Kehadiran Si Buta dari Gua Hantu

NEWSTODAY.ID, Jakarta – PT. Melon Indonesia, selaku publisher dari game MOBA karya anak bangsa Lokapala resmi menjalin kerjasama dengan Bumilangit Entertainment. Dari hasil kerjasama ini, karakter fiksi legendaris tanah air Si Buta dari Gua Hantu resmi menjadi karakter baru di game Lokapala. Hal ini merupakan komitmen dari PT. Melon Indonesia untuk teru mengembangkan kekayaan intelektual tanah air serta bentuk komitmen dalam menciptakan Ksatriya yang diangkat langsung dari sejarah dan mitologi Indonesia.

Dedi Suherman CEO dari PT. Melon Indonesia membeberkan alasan mengapa karakter dari Bumilangit merupakan the next playable untuk game Lokapala. Menurutnya, hal ini dikarenakan banyaknya request dari komunitas terkait karakter lokal. Akhirnya, proses pencarian pun dimulai dan akhirnya bertemulah dengan Bumilangit Entertainment dan karakter Si Buta dari Gua Hantu.

“Kami mencari karakter yang sudah dikenal lama oleh masyarakat. Salah satunya kita temukan Si Buta dari Gua Hantu yang pada akhirnya terjadilah kolaborasi ini. Kami yakin karakter ini memiliki nuansa tersendiri selain memiliki jiwa lokal juga sudah melekat lama di masyarakat Indonesia,” ungkap Dedi Suherman selaku CEO dari PT. Melon Indonesia di sebuah Press Conference yang dilakanakan pada hari Kamis (15/7/2021) melalui kanal Youtube Bumilangit.

Selain itu, Dedi juga menjelaskan jika kerjasama ini tidak hanya untuk bisnis game publishing saja melainkan terbuka juga untuk bisnis lain yang ada di PT Melon Indonesia seperti musik dan OTT Video.

Terkait kerjasama ini, Agung Rahmawan mewakili Bumilangit Entertainment juga menjelaskan mengapa pihaknya ingin membuka kolaborasi dengan PT. Melon Indonesia di game Lokapala. Menurutnya, kerjasama ini dilakukan dalam rangka mengembangkan kekayaan intelektual Indonesia. Selain itu, pihak Bumilangit sendiri selalu ingin bekerjasama dengan setiap kalangan yang memiliki semangat yang sama.

BACA JUGA: Inilah Gameplay dan Skill Si Buta dari Gua Hantu di Lokapala

“Si buta dari gua hantu ini telah lahir dan dikenal selama lebih dari 5 dekade. Maka di era digital ini adalah sasat yang tepat bagi Bumilangit Entertainment untuk berkolaborasi dengan PT. Melon Indonesia sebagai salah satu media platform penyedia digital terbesar dan terbesar asli Indonesia untuk lebih mengenalkan karakter legendaris ini kepada generasi muda penerus bangsa,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Ivan Chen selaku CEO dari PT Anantarupa juga menambahkan jika memang awalnya Anantarupa sendiri ingin mengembangkan konsep universe di Lokapala agar bisa berkolaborasi dengan berbagai IP Lokal. Tujuannya adalah bagaimana IP lokal bisa tumbuh bersama dan saling menguatkan di tengah gempuran industri IP asing yang saat ini semakin banyak.

“Hadirnya Si Buta dari Gua Hantu ke dalam game Lokapala adalah wujud dari visi Anantarupa. Semoga dengan ini ekosistem industri konten di Indonesia akan berkembang pesat sehingga industri IP lokal bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri,” ungkap Ivan Chen.

Selain itu, dalam Press Conference tersebut Ivan Chen juga membocorkan jika bulan depan game Lokapala akan tersedia di India namun dengan nama yang berbeda. Sebab, pihaknya telah bekerjasama dengan pemilik IP lainnya. Selain itu, ia juga menambahkan jika tahun ini bisa on go di Asia Tenggara dan tahun depan kompetisi Esports Lokapala bisa terselenggara dalam skala regional.

Sejarah Si Buta dari Gua Hantu

Si Buta dari Gua Hantu adalah karakter utama dari komik silat paling fenomenal di Indonesia karya Ganes TH. Serial komik berjudul Si Buta dari Gua Hantu ini dirilis pertama kali pada tahun 1967 dan sudah tercetak hingga 500 ribu eksemplar. Tak sampai disitu, Si Buta dari Gua Hantu juga sudah diangkat menjadi 2 serial televisi hingga 7 film layar lebar.

Kisah Si Buta dari Gua Hantu sendiri dilatarbelakangi oleh seorang pria dengan nama Barda Mandrawata. Barda terpaksa membutakan kedua bola matanya demi mengalahkan penjahat buta sakti mandraguna bernama Mata Malaikat yang telah membunuh ayahnya serta tunangannya bernama Marni. Barda berkelana ke berbagai pelosok nusantara bersama Wanara, seekor monyet yang setia menemaninya kemana saja. Dalam perjalanannya, ia mengalami berbagai peristiwa bersejarah.

Si Buta dari Gua Hantu sendiri memiliki kemampuan unik dimana ia bisa melihat melalui suara dan hati. Selain itu, ia juga memiliki senjata tongkat batu serta memakai jubah tarung yang terbuat dari sisik ular raksasa yang menjaga Gua Hantu. Dengan kemampuannya tersebut, akhirnya Barda dikenal sebagai seorang pendekar dengan nama Si Buta dari Gua Hantu yang begitu legendaris hingga saat ini. Sekarang, sejarah dari Si Buta dari Gua Hantu kembali dilanjutkan oleh para kreator muda melalui film layar lebar, komik digital dan juga game.