Warga Jakarta, Punya Mobil Tapi Tak Punya Garasi? Siap-siap Denda Rp 500 Ribu

NEWSTODAY.ID, Jakarta – Tak hanya Depok, Pemprov DKI Jakarta juga akan melakukan tindakan tegas terkait Perda Nomor 5 Tahun 2014 terkait transportasi. Salah satunya adalah terkait wajibnya pemilik kendaraan roda empat atau mobil untuk memiliki garasi atau lahan parkir. Informasi tersebut dikonfirmasi langsung oleh Syafrin Liputo selaku Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Menurutnya, bagi warga yang parkir di badan jalan dan tidak sesuai aturan akan diderek. Setelah proses penderekan, nantinya pemilik kendaraan tersebut wajib membayar denda restribusi Rp. 500.000 per harinya. Denda tersebut akan terus terakumulasi secara otomatis per harinya jika denda tidak dibayarkan.

Aturan ini sebenarnya sudah digencarkan di tahun 2017 silam. Dimana saat itu Jakarta dibawah kepemimpinan Gubernur Djarot Saiful Hidayat. Syafrin juga mengaku jika saat ini pihaknya akan berkolaborasi bersama badan pajak dan Retribusi Daerah dan Kepolisian untuk menggalakan program kewajiban pemilik kendaraan roda empat untuk memiliki lahan parkir atau garasi.

“Skema rencananya seperti itu nanti, karena hal itu juga sudah tertuang dalam Perada pada ayat 3 yang mengatakan bila setiap orang atau badan usaha yang membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi yang dibuktikan melalui surat kepemilikan garasi dari kelurahan setempat,” ucap Syafrin seperti yang dikutip Newstoday.id dari laman Tribunnews (14/01/2019).