https://fineartamerica.com/featured/isaac-newton-robert-hannah.html

Pendeteksi Gravitasi Ditemukan, Dunia Heboh

NEWSTODAY.ID,Medan – Sempat heboh dikalangan ilmuwan tentang para fisikawan dari Laser Interferometer Gravitional Wave Observatory (LIGO) yang dikabarkan telah berhasil mendeteksi Gravitasi. Apa bile itu terukti benar, maka hukum relativitas yang diciptakan Albet Einstein akan memiliki elemen kunci yang disebut-sebut sebagai yang terbesar sepanjang sejarah manusia.

Lawrence Krauss, seorang ahli kosmologi dari Arizona State Unversity memberikan spekulasi, “ Rumor tentang LIGO tela dikonfirmasi oleh sumber independen. Gelombang gravitasi mungkin aja telah ditemukan..” tulisnya leat akun media sosialnnya.

LIGO sendiri dikabarkan sudah lama fokus pada eksperimen untuk mendeteksi riak gelombang gravitasi  sampai gelombang waktu  dari alam semesta. Terdapat beberapa detektor canggih yang disebar di beberapa lokasi, seperti Hanford, Lousiana, dan Washington. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung proses kinerja dan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan LIGO. Tersebar kabar bahwa para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini telah melakukan penulisan laporan yang mendeskripsikan sinyal gelombang gravitasi.

Lawrence Krauss memang tak ikut andil dalam penelitian tersebut. Namun, ia dikabarkan telah yakin 60% akan berita yang didengarnya. Ada baiknya publik menunggu saja data resmi yang dikeluarkan oleh pihak peneliti daripada menarik kesimpulan sendiri tentang keaslian pendeteksi gravitasi tersebut.

Diyakini laporan tersebut tidak akan muncul dalam aktu dekat karena proses internal yang harus dilalui pihak LIGO untuk mempublikasikan hasil risetnya terkesan rumit karena banyaknyatahap pengujian.

Juru bicara LIGO, Gabriela Gonzalez sempat mengatakan bahwa, belum ada hasil yang dapat dipublikasikan ke ranah publik. Setiap hasil harus melalui pengambilan data yang rumit, dan penganalisaan yang ketat akan membuat proses ini memekn waktu lama.

Apabila gelombang Gravitasi benar ditemukan, maka ini akan mengubah cara berpikir ilmuwan terutama astronom dalam memandang alam semesta. Albert Einstein sendiri sebagai ahli fisika pernah mengatakan bahwa gelombang, gravitasi terbentuk karena benturan dua lubang hitam. Gelombang tersebut tersebut lahir diruang yang aneh tak terdefenisikan dan tak terduga, seperti halnya dengan lubang hitam disemesta.

Comments

comments


Share: