Politic Wave : Hoax Adanya Kebangkitan PKI Di Medsos

NEWSTODAY.ID, Aceh – Pada tahun lalu 2017, hari Kesaktian Pancasila berkaitan dengan peristiwa Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S PKI). Belakangan ini gencar suara-suara dan bisikan-bisikan yang menyebut soal kebangkitannya kembali Partai Komunis Indonesia (PKI), yaitu organisasi lama yang telah dibubarkan oleh pemerintah Indonesia pada masa transisi ke orde baru.

Akibat dari semakin berkembangnya teknologi zaman sekarang, maka isu-isu yang berkaitan dengan PKI kini bisa juga disebar melalui media sosial (medsos). Namun, semua isu tersebut hanyalah sebuah berita palsu atau sering yang disebut hoax. Direktur Politica Wave Jose Rizal mengatakan jenis berita palsu (hoax) yang paling banyak beredar di media sosial sepanjang Agustus-Desember 2017 adalah yang terkait isu kebangkitan PKI.

Merujuk melalui data yang disajikan oleh PolicticaWave, jumlah berita palsu (hoax) yang beredar di media sosial (medsos) terkait isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) mencapai lebih dari 200 ribu berita palsu atau dalam persentase dipaparkan bernilai 95,4 persen.

Direktur Politica Wave Jose Rizal juga mengutarakan  survei dilakukan lewat pemantauan melalui Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan beberapa situs serta media sosial lain.

Dari hasil survei,  kabar bohong (hoax) lain yang beredar di media sosial adalah isu pemerintah anti-Islam (2,3 persen), isu CEO Traveloka walkout (1,1 persen), isu tenaga kerja Cina (0,7 persen), dan isu Sandiaga Uno terobos jalur busway (0,5 persen). Dan sisanya tentang kebangkitan PKI (95,4 persen)

“Isu kebangkitan PKI paling dominan dibanding isu lain,” ucap Jose, dalam acara diskusi yang dihelat di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Jumat (9/2).

Jose Rizal juga menjelaskan bahwa fenomena peredaran berita palsu umumnya diunggah dari salah satu akun palsu, kemudian akun asli akan segera menyebarkan dan kemudian konten hoax tesebut akan disebarkan kembali oleh teman-temannya si akun asli sehingga berita palsu tersebut menyebar dengan luas hingga ke masyarakat.

Jose juga mengatakan bahwa isu-isu berita palsu ini mulai merajalela saat terjadi Pilkada DKI Jakarta 2012 yang dimenangkan oleh Jokowi-Basuki Tjahaja Purnama .

Isu kebangkitannya PKI juga timbul akibat dari diskusi-diskusi masyarakat setelah mengetahui tentang sejarah PKI.

Comments

comments


Share: