Review: Zenfone Live (L1), Smartphone Full View Display Sejutaan!

NEWSTODAY.ID, Jakarta – ASUS, Brand smartphone yang satu ini gencar sekali merilis smartphone-smartphone yang membuat kompetitornya resah. Setelah sukses meluncurkan Zenfone Max Pro M1 untuk kelas Mid Range, kini ASUS kembali merilis smartphone terbarunya untuk kelas entry level yakni Zenfone Live (L1).

Zenfone Live generasi terbaru ini dibandrol dengan harga yang ramah dikantong yakni hanya berkisar satu jutaan saja. Meski begitu, ASUS menghadirkan beberapa fitur flagship yang tidak dihadirkan oleh para kompetitornya. Zenfone Live (L1) tentu saja sangat menarik bagi kalian yang ingin memiliki smartphone keren namun dengan budget yang tidak terlalu besar. Well, mari kita review smartphone yang satu ini!

Desain

Smartphone ini sendiri dibalut dengan material plastik. Terdapat dua pilihan warna yakni Deepsea Black dan Sunlight Gold. Point selling dari smartphone ini sendiri adalah bentang layar full view display rasio kekinian 18:9 dengan 5.5 inch beresolusi 1440 x 720. Layar tersebut juga sudah menggunakan panel IPS sehingga memiliki viewing angle yang cukup luas. Desain yang diusung oleh Zenfone Live L1 ini tentu saja nyaman di genggam.

Dibagian poni smartphone, kalian bisa menemukan LED notifikasi, kamera selfie, proximity sensor, ambient sensor, dan lampu LED Flash. Di sisi kanan terdapat tombol power dan tombol pengatur volume. Sedangkan dibagian sebelah kiri terdapat slot sim tray triple slot sehingga pengguna bisa menggunakan 2 sim card plus micro sd sekaligus. Untuk bagian atas terdapat headphone jack 3.5 mm dan dibagian bawah terdapat microphone, speaker dan lubang micro usb.

Fitur Keamanan

Keamanan data dalam smartphone tentunya merupakan salah satu hal penting bagi para pengguna. Seiring kemajuan teknologi saat ini, fitur keamanan di smartphone bermacam-macam mulai dari pin, pattern, bahkan kemanan biometrik seperti fingerprint dan juga face unlock. Fitur biometrik seperti face unlock biasanya hadir di smartphone-smartphone kelas premium. Namun, ASUS melalui produknya ini berhasil memboyong fitur tersebut ke smartphone Zenfone Live (L1) yang memiliki harga ramah di kantong.

Fitur face unlock ini bisa mendeteksi wajah para pengguna ketika ingin membuka kunci smartphone. Pengaturannya pun sangat mudah dan cepat. Namun sayangnya, fitur keamanan ini kurang responsive dan penulis kadang gagal untuk membuka smartphone dengan fitur face unlock.

Kamera

Untuk sektor kamera, ASUS membenamkan kamera belakang 13 MP dengan aperture f/2.0 yang mampu mengambil foto lebih tajam. Kamera belakang ini juga dilengkapi dengan Phase Detection Focus dengan kecepatan 0.3 detik. Untuk mendapatkan hasil foto terbaik dalam keadaan minim cahaya, Zenfone Live (L1) dilengkapi dengan teknologi low light yang mampu mereduksi noise dan meningkatkan kontras warna hingga 400 persen.

Untuk urusan selfie, ASUS menggunakan kamera 5 Megapixel dengan f/2.4 aperture yang memiliki field of view 75.6 derajat. Kamera depan ini juga dilengkapi dengan LED Softlight yang mampu memberikan cahaya tambahan untuk menghasilkan foto selfie yang maksimal.

Tidak hanya itu, Zenfone Live L1 juga memiliki beberapa mode foto seperti Auto, HDR Pro, Potrait Mode, Beautification, dan Time Lapse.

Peforma

Selain desain menawan dan juga kamera yang mampu menghasilkan foto terbaik. Bagaimana dengan peforma dari smartphone ini? Saat kami uji dengan menggunakan software AnTuTu, skor yang dihasilkan adalah 41774.

Skor tersebut didapatkan berkat penggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 425 dan juga RAM LPDDR3 sebesar 2GB. Untuk keperluan gaming, tentunya cukup jika kalian hanya bermain game-game sekelas Mobile Legends Bang Bang ataupun Free Fire.

Untuk penggunaan sehari-hari seperti browsing, mendengan musik, berkomunikasi, sosial media, dan sebagainya, tentu saja peforma dari Zenfone Live (L1) ini sudah sangat cukup untuk menopang kegiatan tersebut.

Spesifikasi

Release date May 2018
Form factor Touchscreen
Battery capacity (mAh) 3000
Colours Rose Pink, Midnight Black, White, Blue

DISPLAY

Screen size (inches) 5.45
Touchscreen Yes
Resolution 720×1440 pixels

HARDWARE

Processor 1.4GHz quad-core
Processor make Qualcomm Snapdragon 425
RAM 2GB
Internal storage 16GB
Expandable storage Yes
Expandable storage type microSD
Expandable storage up to (GB) 2

CAMERA

Rear camera 13-megapixel
Rear Flash LED
Front camera 5-megapixel

SOFTWARE

Operating System Android 8.1
Skin ZenUI 5.0

CONNECTIVITY

Wi-Fi Yes
GPS Yes
Bluetooth Yes
USB OTG Yes
Number of SIMs 2
SIM 1
GSM/CDMA GSM
3G Yes
4G/ LTE Yes
SIM 2
GSM/CDMA GSM
3G Yes
4G/ LTE Yes

Berikut ini spesifikasi lengkap dari smartphone Zenfone Live (L1):

Apa yang ada didalam box:

  • Smartphone
  • SIM Ejector
  • Panduan Penggunaan dan Garansi\
  • Jelly Case
  • Kabel Charger
  • Kepala Charger

Kesimpulan

Berkat Zenfone Live (L1), ASUS kembali berhasil mendobrak pasar smartphone di Indonesia. Dengan mengusung tagline Full View Display For Everyoone, kini smartphone dengan layar rasio 18:9 tidak perlu lagi mahal. Tidak hanya itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan kamera yang cukup baik di kelasnya.

Dibandrol dengan harga Rp. 1.299.000 untuk versi 2GB/16GB (flash sale), dan Rp. 1.699.000 (3GB/32GB), tentunya smartphone ini sangat menggiurkan bukan?

Comments

comments


Share: