NEWSTODAY.ID. MEDAN -Sidang paripurna DPR yang berlangsung semalam telah resmi mengesahkan UU MD3 (MPR, DPD, DPR, DPRD). Dalam UU ini ada beberapa pasal hasil revisi yang menuai kontroversi diberbagai kalangan.

Adapun pasal yang terkait ialah Pasal 73 tentang kewajiban polri membantu DPR dalam pemanggilan paksa dan penyanderaan terhadap pihak yang dipanggil DPR. Dan pasal lainnya, soal hak imunitas anggota Dewan yang kembali dihidupkan lewat Pasal 245.

Pasal 245 secara tidak langsung memberikan perlindungan pada para anggota dewan. Sebab apabila ada lembaga yang ingin memeriksa anggota dewan terkait kasus pelanggaran hukum yang mampu menggangu kinerja Dewan, harus melewati persetujuan dari Presiden danharus lewat pertimbangan MKD (Mahkamah Kehormatan Dewan).

Diketahui, ada beberapa anggota DPR dari berbagai fraksi yang masih ragu akan revisi yang disahkan pada sidang paripurna tersebut. Salah satunya adalah anggota komisi III F-PPP, Asrul Sani. Menurut beliau, masih ada poin revisi yang perlu didalami, terutama Pasal 73.

Sidang Parpurna semakin berwarna setelah PPP dan Nasdem melakukan aksi Walk Out. Hal ini dilakukan karena sejak awal kedua partai telah meminta penundaan pengesahaan. Namun, tidak berjalan sesuai keinginan kedua fraksi karena suara mayoritas fraksi mengatakan pengesahan harus dilanjut.

Banyak yang menilai bahwa pengesahan pasal ini akan menimbulkan ketakutan di masyarakat atas apa yang akan dan telah dilakukan DPR. Pasal yang rtelah disahkan juga menggambarkan bahwa DPR yang sekarang antikritik.

MD3 yang telah disahkan juga merevisi UU No 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD. Aturan tersebut mewajibkan polisi untuk membantu DPR memanggil paksa lembaga atau individu yang menolak panggilan. Pasal tersebut juga menyebutkan secara jelas bahwa polisi dapat atau diizinkan penyanderaan maksimal 30 hari terkait pemanggilan paksa. Untuk menjalankan hal tersebut, pimpinan DPR hanya harus mengajukan permintaan tertulis kepada p[ihak kepolisian agar ditindaklanjuti sebagaimana yang tertulis dalam keterangan surat. celebrex tablets buy, Zoloft withoutprescription

Comments

comments


Share: