Dalam beberapa tahun terakhir, telah banyak tantangan (challenge) yang menjadi tren di internet, mulai dari tantangan yang memiliki tujuan penggalangan dana seperti Ice Bucket Challenge sampai tantangan yang berbahaya seperti Skip Challenge.

Terbaru ada ‘Tide Pod Challenge’ yang populer di kalangan remaja khususnya di Amerika Serikat (AS). Banyak remaja yang telah mengunggah video-video mereka sedang mengigit, mencungkil, dan mengunyah bungkusan kecil detergen cair warna-warni dengan mulut. Mereka pun kemudian menantang teman-teman lainnya untuk melakukan hal serupa, sehingga menjadi viral.

Dilansir laman Liputan6 dari News.com.au pada Senin (15/1/2018), tantangan ini mengharuskan pelakunya mengigit kuat-kuat bungkus kecil berisi detergen cair merek Tide. Otoritas kesehatan telah menyatakan tantangan tersebut sangat membahayakan bagi kesehatan.

Dalam detergen cair yang digunakan dalam tantangan ini memiliki kandungan etanol, polimer, dan hydrogen peroksida yang sangat berbahaya apabila terkonsumsi oleh tubuh.

Tantangan ini berawal dari sebuah candaan pada sebuah artikel yang dimuat di situs berita satir, buy paxil online no prescription, buy clomid The Onion. Namun tak lama kemudian, candaan tersebut berkembang di Internet dan menjadi viral. Ironisnya, tantangan ini disambut antusias oleh orang-orang yang berpikiran pendek dan menganggap hal tersebut ‘keren’.

Stasiun televisi CBS memberitakan, setidaknya telah ada 10 laporan kasus kematian yang terjadi terkait dengan keisengan mengigit pod deterjen cair. Dilaporkan, 8 orang dewasa dan 2 anak-anak dilaporkan meninggal akibat tidak sengaja mengonsumsi detergen cair tersebut.

Dikutip dari liputan 6, “Bukti-bukti itu telah cukup meyakinkan bahwa menggigit bungkus detergen cair berisiko membahayakan kesehatan manusia,” jelas juru bicara Procter & Gamble, induk perusahaan yang memproduksi deterjen merek Tide.

Sementara itu, pihak penyedia video daring dikabarkan telah mulai menghapus video-video tantangan terkait guna menghindari risiko yang lebih buruk jika tantangan tersebut kian viral.

Comments

comments


Tags:
Share: